7 Rahasia Agar Artikel Terbit Pada Jurnal Terindeks Sinta

WWW.SIRAJULFUADZIS.COM,- Halo Sahabat Indonesia di mana pun berada, setelah sekian lama vakum dari kegiatan tulis menulis. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi rahasia agar artikel diterima di jurnal yang terindeks Science and Technology Index (SINTA). Sistem Sinta mengumpulkan semua penerbit jurnal yang telah lulus verifikasi dari Kemenristekdikti, jadi bukan penerbit jurnal abal-abal. Terdapat semua rumpun artikel ilmu pengetahuan di sini, pada kesempatan ini saya lebih fokus ke artikel ilmu komunikasi.

Berikut 7 rahasia agar tulisan kita benar-benar terbit di Jurnal Terindeks Sinta

  1. Lakukan pencarian di https://sinta.ristekbrin.go.id/ Pilih Sources, kemudian pilih Journals.
  2. Pilih di Jurnal Sinta berapa artikel kita ingin di submit. Keterangan Sinta 1 tingkatan paling tinggi  dan Sinta 6 adalah tingkatan Sinta paling rendah.
  3. Bagi pemula sebaiknya, pilih jurnal pada bawah dahulu sehingga artikelnya berhasil dimuat. Jika Anda mahasiswa Ilmu Komunikasi, jangan hanya fokus menerbitkan jurnal di Ilmu Komunikasi tapi bisa juga Jurnal Sosial, Humaniora, Kebudayaan, Psikologi, Antropologi yang sesuai dengan isi tulisan. Asal tidak di Jurnal yang fokus kajiannya terlalu jauh seperti Matematika.
  4. Untuk mulai mencari lembagi penerbit jurnal, ketiklah pada kolom pencarian kata kunci bidang studi Anda. Misalnya “ilmu komunikasi”. Setelah itu klik nama jurnalnya dan masuk ke halaman web. Saran saya agar membuat list jurnal ditargetkan pada kertas, buat 10 Jurnal yang memungkin terbit pada bulan Juni dan Sinta berapa. Usahakan submit dua atau tiga bulan sebelum bulan Juni. Karena pengelola jurnal akan mensortir artikel yang layak dan tidak layak.
  5. Baca ketentuan fokus jurnal,  kapan jurnalnya tersebut terbit per tahun (misalnya Jurnal A terbit hanya Juni dan November) cek pada laman Archive jurnal, pedoman penulisan dan yang paling penting adalah cek kontak pihak Jurnal. Biasanya pihak pengelola jurnal menerima tulisan pada tahun 2021 akan diterbitkan pada tahun 2022, maka dari itu untuk antisipasi kirmlah jauh-jauh hari.
  6. Spesial kontak pihak jurnal ini, kita menanyakan perilah apakah masih ada slot kosong, memastikan jurnal kita terbit di tahun dan bulan yang kita mau. Caranya perkenalkan diri Anda, tujuan penerbitan jurnal dan tanyakan apakah masih tersedih slot untuk artikel pada tahun ini?
  7. Setelah Jurnal yang Anda pilih menyatakan ada slot tersedia, maka segera tulis artikel sesuai dengan format penulisan jurnal. Baru submit ke jurnal dengan mendaftar seperti biasa di akun register. Pastikan usarneme dan password selalu diingat, untuk memastikan perkembangan artikel Anda melalui OJS Pihak jurnal. Jika pihak jurnal meminta Anda untuk revisi dari reviewer, segera lakukan revisi sampai tanggal deadline yang mereka minta. Selalu pantau email hingga Anda menerima pesan, Selamat Jurnal Anda Sudah terbit. 

    Sebagai referensi berikut pengalaman saya dalam mengirim jurnal hingga sampai mendapat kabar terbit selalu berkomunikasi dengan Admin Jurnal. Jurnal saya yang bersisi tentang komunikasi terbit di Jurnal sosial.

    Kalau rahasia ini berhasil Anda terapkan, komen di kolom komentar ya!

    Link Jurnal Saya :
    https://ejournal.umm.ac.id/index.php/JICC/article/view/15550

     

 

Leave a Comment.