Analisis Domain Dalam Penelitian Kualitatif

WWW.SIRAJULFUADZIS.COM,- Gagasan analisis domain ini adalah gagasan yang ditawarkan oleh James Spradley, di antaranya ada dua yaitu Domain dan Taksonomi. Pada kesempatan ini kita membahas terkait domain.

Mengenal James Spradley

James P. Spradley (1933–1982) adalah seorang profesor Antropologi di Macalester College dari tahun 1969. Spradley menulis atau mengedit 20 buku tentang etnografi dan penelitian kualitatif termasuk Pengamatan Partisipan dan Wawancara Etnografi (1979, Wadsworth Thomson Learning). Dalam The Ethnographic Interview, Spradley menjelaskan 12 langkah untuk mengembangkan studi etnografi menggunakan ethnosemantics. Buku ini mengikuti buku teks tahun 1972 (dengan David W. McCurdy) Pengalaman Budaya: Etnografi dalam Masyarakat Kompleks. Dia adalah tokoh utama dalam pengembangan “etnografi baru” yang memandang setiap individu sebagai pembawa budaya daripada sekadar melihat hasil karya seniman hebat saat itu. Dia meninggal karena leukemia pada tahun 1982 (Wikipedia, 2020).

Analisis Domain

Analisis domain adalah analisis umum atau menemukan gambaran umum realitas sosial, budaya sehingga belum terinci. Berikut akan dijelaskan cara analisis domain, adalah sebuah kategori, tetapi sebuah kategori umum yang mencakup berbagai hal yang terperinci (Afrizal, 2017). Analisis domain biasanya dilakukan untuk memperoleh gambaran atau pengertian yang bersifat umum dan relatif menyeluruh tentang apa yang tercakup pada suatu fokus/pokok permasalahan yang tengah diteliti. Dalam melakukan analisis domain disarankan untuk melakukan penelusuran hubungan semantis yang bersifat universal (Sekarpuri, 2017).

Keluarga, rumah tangga dan rumah adalah contoh-contoh domain. Keluarga terdiri dari beberapa hal yaitu batih, keluarga luas dan lain-lain. Rumah tangga terdiri dari rumah tangga batih, rumah tangga luas, rumah tangga orang tua tunggal dan lain-lain. Rumah terdiri dari rumah permanen, rumah semi permanen, rumah nonpermanent dan sebagainya. Sedangkan contoh lainnya adalah analisis domain dari penelitian “Keluarga Miskin” Domain yang berkaitan dengan jenis, yaitu: 1.Bangunan rumah 2.Perabot rumah tangga yang dipunyai 3.Pakaian yang dipunyai 4.Pekerjaan sehari-hari 5.Pengeluaran sehari-hari 6.Makanan sehari hari 7.Penyakit yang dialami.

Dengan demikian, domain adalah klarifikasi –klarifikasi besar tentang hal-hal dan hal-hal yang tercakup dalam sebuah domain haruslah yang mempunyai karakteristik yang sama atau hal-hal yang benar unsur dari dari suatu domain. Dalam analisis data, peneliti kata Spradley menemukan domain-domain dari data yang terkumpul, baik dari wawancara mendalam maupun observasi terlibat atau analisis dokumen. Dalam penelitian kehidupan di penjara umpamanya, Spradley mengemukakan domain-domain yang ditemukan di antaranya : kamar tahanan, tukang kunci, pasukan kemanan dan petugas kebersihan.

Definisi oleh Spradley, analisis data dalam penelitian kualitatif adalah pengujian sistematis terhadap data. Maksudnya adalah menentukan bagian-bagian dari data yang telah dikumpulkan, menemukan hubungan diantara bagian-bagian data yang telah dikumpulkan dan hubungan antara bagian-bagian data data tersebut dengan keseluruhan data. Semua ini dilakukan dengan mengkategorisasi informasi yang telah dikumpulkan dan kemudian mencari hubungan antara kategori-kategori yang yang telah dibuat (Afrizal, 2017).

            Kesimpulan dari defenisi tersebut analisis data dalam kualitatif merupakan tidak suatu proses kuantifikasi data, melainkan suatu proses pengolahan data mentah berupa penuturan, pembuatan, catatan lapangan dan bahan-bahan tertulis lainnya yang memungkinkan peneliti untuk menemukan hal-hal yang sesuai dengan pokok persoalan yang diteliti. Kemudian, perlu digaris bawahi bahwa luaran analisis data bukan angka, bukan signifikansi hubungan yang dinyatakan dengan angka, bukan pula distribusi, melainkan kategori atau klasifikasi tipologi. Analisis data dalam penelitian kualitatif adalah kegiatan yang menghasilkan kategori, atau tipologi data.

DAFTAR PUSTAKA

Afrizal. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT Rajagrafindo Persada.

Sekarpuri, A. D. (2017). ANALISIS DATA KUALITATIF. https://www.slideshare.net/aninditasekarpuri/analisis-kualitatif-anindita?from_action=save

Wikipedia. (2020). James Spradley. https://en.wikipedia.org/wiki/James_Spradley

Leave a Comment.