Cara Akses Jurnal Internasional

WWW.SIRAJULFUADZIS.COM, – Akses jurnal biasanya berbiaya mahal, bagi para akdemisi tentu perlu akses jurnal untuk kebutuhan risetnya. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi cara mengakses jurnal internasional berbagai kategori dengan gratis, mengambil contoh akses jurnal komunikasi. Ada banyak cara mengaksesnya, tapi ini adalah versi yang biasa saya gunakan dalam mengakses jurnal internasional dengan mudah.

1. Dalam pencarian di internet ketik www.scimagojr.com

2. Pada website tersebut Anda bisa lihat keseluruhan jurnal dari seluruh bidang dan negara, beserta rankingnya. Langkah kedua adalah tentukan jurnal yang ingin Anda cari berdasarkan kategori, negara dan rankingnya. Pilih Journal Rankings.

3. Carilah jurnal dengan ranking yang bagus, mengingat akan berpengaruh kepada kualitas jurnal.

4. Setelah Anda yakin dengan salah satu jurnal, copy paste nama jurnal yang ingin dicari dengan cara buka new tab (jendela pencarian baru) klik paste nama jurnal tersebut.

5. Misal nama jurnalnya adalah Information Communication and Society, maka cari di pencarian google. Biasanya akan muncul di halaman pertama www.tandfonline.com (Taylor Francis & Online). Klik website tersebut, dan cari jurnal yang ingin Anda cari di website tersebut.

6. Pilihlah judul jurnal yang ingin Anda lihat, sesuai dengan pembahasan yang ingin dibahas. Pada setiap bagian jurnal akan ada Digital Object Identifier (DOI), copy link DOI tersebut.

7. Bukalah new tab pada pencarian, Buka website https://sci-hub.tw/, paste kan link DOI ke web ini. Kemudian klik open.

8. Jurnal yang Anda inginkan sudah dapat diakses, simpan dokumen dengan baik di laptop.

9. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment.