Cara Menggunakan Mendeley

WWW.SIRAJULFUADZIS.COM-Mendeley adalah adalah program komputer dan web yang dikembangkan Elsevier untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, mencari data penelitian, dan bekerja sama secara daring. Mendeley ini akan memudahkan Anda untuk mencatat referensi lebih mudah, alias tidak manual dalam mengutip atau pun memasukkan daftar pustaka di Micsrosoft Word. Perangkat lunak ini bermanfaat bagi akademisi, mahasiswa mahasiswi komunikasi atau dari jurusan lain yang sedang membuat jurnal atau penelitian. Berikut adalah cara menggunakan Mendeley.

1. Download palikasi Mendeley di www.mendeley.com

Logo Aplikasi Mendeley

3. Instal Mendeley ke PC, laptop Anda

3. Buka aplikasi Mendeley, akan keluar login dan sign

4. Setelah proses Intsal selesai, buatlah akun menggunakan Email Anda

5. Setelah akun dibuat, maka Anda sudah bisa masuk menggunakan akun tersebut ke Mendeley

6. Instal atau connect Mendeley dengan Microsoft Word dengan cara pilih Tools-Klik Instal MS Word Plugin. Seperti foto dibawah ini.

Tools

7. Memastikan agar Mendeley Anda sudah tersambung dengan MS Word, buka MS Word-References-Lihat lambang Mendeley disana, seperti gambar dibawah ini

References

8. Setelah dipastikan semua terhubung, agar dokumen Anda rapi buatlah folder atau group pengerjaan per tulisan. Misalnya Anda sedang meneliti Cybber PR, buatkan satu folder khusus agar tidak bercampur dengan penelitian lain. Contoh seperti dibawah ini.

Buat Folder

9. Berikutnya coba tes dengan membuat satu kalimat di MS Word, setelah itu langsung beralih ke Mendeley untuk memasukkan referensi secara manual Buka Mendeley-pilih menu file-add entry manually.

File

10.Akan keluar tabel yang bisa Anda isi, apakah referensi berasal dari jurnal, buku atau web serta klik save apabila sudah selesai. Bisa juga melampirkan dokumen apabila berbentuk file.

Dokumen

11. Untuk mengetahui apakah sudah bisa digunakan atau belum, maka di ujung kalimat yang sudah dibuat tadi, coba tekan bersama alt+M atau klik logo Mendeley (Insert Citation).

Insert Citation

12. Kalau sudah berhasil, langkah berikutnya klik Insert Bibliography untuk menambahkan daftar pustaka.

13. Tips untuk mudah memasukkan referesnsi agar tidak lupa atau tercecer, masukkan data setiap pengutipan menggunakan Mendeley.

14. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment.