Gelapnya Desa Tambenga

SIRAJULFUADZIS.COM, – Indonesia punya banyak pulau-pulau, di pulau tersebut ada yang di huni oleh penduduk ada yang tidak.

Banyak kesenjangan sosial yang terjadi di sana. Salah satunya Desa Tambenga, Laonti banyak sandang pangan, logistik yang masih belum terpenuhi.

Berbicara mengenai listrik, desa tersebut tidak tersentuh oleh pelayanan publik.

Bahkan di malam hari, sekitar jam tujuh malam genset dimatikan untuk menghemat energi. Selain itu, akses sinyal telfon dan jaringan internet, jika ditempuh jalan kaki sekitar lima belas menit.

Bagi masyarakat sekitar tentu tak jauh, tapi bagi para pendatang bisa dibilang cukup jauh berjalan di belantara hutan menuju ujung pulau Tambenga. Ekspedisi yang saya ikuti juga menunjukkan susahnya mendaptakan air bersih.

Bukan saja air, banyak rentetan masalah lainya terjadi di Desa yang patuh kepada kepala suku mereka. Keadaan demikian terkadang dimanfaatkan oleh politisi yang ingin duduk di kursi parlemen.

Hal yang unik di wilayah Timur Indonesia ini adalah, rumahnya yang khas seperti dalam foto. Waktu yang singkat, saya tak sempat menanyakan perihal filosofi kenapa dibuat seperti itu.

Ketika malam hari berharap udara di sana segar, tapi bukan itu yang saya dapatkan. Udaranya begitu panas, baik di dalam dan luar rumah.

Leave a Comment.