Hari Batik Nasional

WWW.SIRAJULFUADZIS.COM, – Wah sekarang hari batik nasional yah (2/10). Batik yang dipakai Ini adalah batik kesayangan saya, namanya batik Baduy. Setahu saya sewaktu berkunjung ke pedalaman Baduy, Ketika saya mendapatkan bahan kain ini, saya jahit menjadi sebuah baju batik lengan panjang ketika masih di Jogja.

Terminal Bandara Haluoleo

Batik tersebut juga termasuk salah satu motif batik Baduy Luar yang menjadi bagian dari UMKM, produk kearifan lokal disana.

Baduy Luar sedikit lebih maju dibandingkan Baduy Dalam. Baduy Luar lahir karena sebuah bentuk perlawanan ketidaksetujuaan atas tradisi Baduy Dalam yang banyak pantangan.

Baduy Dalam anti terhadap moderenitas, dan tidak ingin mengenal teknologi. Sedangkan Baduy Luar, selangkah lebih maju dan lebih toleran.

Bahkan kabarnya dalam siaran salah satu channel media nasional meliput, mereka sudah memasarkan produk-produk lokal via lapak online dengan bantuan Teknologi Vigro.

Meskipun harus pergi jauh untuk mencari sinya, sebab masih tingal di pedalaman hutanl. Kita bangga dengan batik yang dibuat dengan tangan-tangan yang tulus.

di hari batik nasional ini, saya berdoa suatu saat akan lahir juga World Rendang Day.

Hari rendang dunia, di mana orang-orang sedunia memakan rendang dan akan meningkatkan ekonomi global sambi pakai batik.

Lokasi Foto : Terminal Bandara Haluleo, Kendari.

Leave a Comment.