Jalan Ilmiah Mengatasi Permasalahan Generasi Digital

WWW.SIRAJULFUADZIS.COM,- Generasi yang sedang erat kaitannya dengan kemajuan teknologi, adalah Generasi Milenial dan Generasi Z saya sebut sebagai generasi digital. Generasi digital erat kaitanya dalam pemanfaatan teknologi. Teknologi yang sedang berkembang telah menyediakan berbagai kemudahan akses informasi tanpa batas. Sesuai dengan manfaatnya, teknologi hadir memudahkan pekerjaan dari berbagai multidisiplin ilmu.

Salah satu kemudahan itu berasal dari gawai atau yang biasa dikenal secara umum smarthphone. Kini, di ruang-ruang publik kita dapat menyaksikan transformasi komunikasi dari komunikasi tatap muka ke komunikasi digital. Sehingga potensi permasalahan muncul pada kehidupan sosial, yaitu fenomena perubahan komunikasi tatap muka pada masyarakat. Pada satu sisi kita beryukur dengan semua kemudahan yang ada, tapi pada satu sisi menjadi sebuah permasalahan komunikasi yang rumit dan perlu di atasi.

Melewati jalan ilmiah, adalah pilihan saya. Saya melakukan riset tentang Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Dengan melihat kesenjangan-kesenjangan sosial yang terjadi, yaitu perilaku komunikasi telah berubah menjadi komunikasi digital. Akan tetapi perubahan itu tidak menguntukan secara nilai-nilai sosial, dunia pertemanan dan komunikasi tatap muka yang sudah mengalami degradasi. Ini sangat miris, tapi perlu kita ciptakan solusi-solusi nyata yang bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Saya memilih jalan ilmiah mendobrak permasalahan tersebut, agar fenomena perubahan komunikasi tidak sampai pada tingkat antisosial atau akut. Ini sangat mengancam generasi muda dalam komunikasi tatap muka, yang tidak berjalan dengan baik. Dalam proses perjalanan riset ini, saya dibimbing oleh Prof. Dr. Rer Soz. Nursyirwan Effendi (Direktur Pascasarjana Univeristas Andalas) dan Ibu Dr. Elva Ronaning Roem (Wakil Dekan II FISIP, Universitas Andalas) untuk menghasilkan hasil riset yang baik. Terus terang saya mengidolakan beliau berdua dalam membimbing perjalanan ilmiah ini. Hasil risetnya sudah selesai pada 04 Juni 2021 pukul 10:58, namun ini baru langkah awal untuk merealisasikan langkah-langkah yang saya tawarkan.

Saya berharap hasil riset yang ada, dapat menjadi sebuah gagasan baru dalam membentengi komunikasi tatap muka kembali menjadi idola kita bersama. Saya tau mengatsai permaslahan itu tidak mudah. Perlu adanya rencana-rencana strategis yang perlu dilakukan, dengan bekerjasama dengan elemen-elemen satu visi dan misi dalam mengatasi permasalahan generasi digital. Permasalahan yang sudah masuk dalam ranah keluarga, sampai ranah nasional.

Leave a Comment.