Jutaan Orang Bahkan Tidak Menyadari, Mahfudzhot itu Sakti

WWW.SIRAJULFUADZIS.COM, – Mahfudzot berasal dari bahasa Arab yang berarti kata-kata mutiara. Istilah mahfudzot ini dituangkan dalam sebuah judul buku yang diterbitkan oleh Gontor, sebuah lembaga pendidikan Islam di Ponorogo.

Buku Mahfudzot ini pernah sampai di tangan saya lewat alumni dari Gontor, saya membaca dengan seksama banyak kata-kata mutara yang menyejukkan terdapat di dalamnya. Salah satu mahfudzot trending beberapa tahun silam dikenal lewat novel karya Ahmad Fuadi, yang memegang teguh prinsip man jadda wajada (siapa yang bersungguh-sungguh, mendapat) dan man sabara zhafira (siapa yang sabar beruntung).

Konon kabarnya santri di Gontor punya tugas menghafal kalimat-kalimat mutiara ini, sehingga tertanam dalam karakter ketika bergaul sesama mereka. Karakter yang kuat, juga bisa terjaga saat berada mereka berada di lingkungan mana pun. Sukar terpengaruh.

Malam ini, saya kembali membuka lembaran buku mahfudzot, kemudian membaca halaman demi halaman. Pada urutan ke tiga puluh lima, terpampang kalimat mutiara Aduwwu ‘aqila kkhairu min shadiikin jaa hilin (musuh yang pandai itu lebih baik dari teman yang bodoh).

Sambil membaca saya menganggukkan kepala tanda setuju, bahwa sebuah kepandaian itu harta non material yang sangat berharga.

Leave a Comment.