Kiat Menulis Pesan Kepada Dosen

WWW.SIRAJULFUADZIS.COM, -Bagi mahasiswa berkomunikasi dengan dosen merupakan sebuah keharusan untuk bertanya, konsultasi terkait kegiatan di kampus. Agar tetap berkomunikasi baik dengan dosen, mahasiswa perlu menulis pesan yang sopan. Jangan sampai salah dalam menulis pesan kepada dosen, sebab akan berpengaruh kepada nilai, bahkan hari kelulusan Anda bisa saja tertunda. Perkembangan teknologi informasi, memungkin berkomunikasi jarak jauh dengan dosen menggunakan email, whatsapp, telegram dan bermacam aplikasi online lainnya kepada dosen.

Meskipun terlihat mudah, banyak mahasiswa yang tersangkut di permasalahaan ini. Bagaimana menulis pesan tidak rapi serta menimbulkan ambigu pesan yang dikirim. Suatu hari seorang dosen menceritakan pengalaman mahasiswanya yang mengirim pesan via Whatsapp “Pak saya mau bimingan, kapan bapak bisa menemui saya?”, pesan yang konyol apalagi dosen yang membaca akan heran.

Karena era nya virtual, maka Anda bisa memilih waktu yang tepat untuk mengirimkan pesan. Karena hal ini akan berpengaruh juga kepada mood, kesibukan dosen. Sebaiknya pilih waktu office hours (jam kerja) ketika menghubungi.

Maka perlu ada etika dan susunan kalimat yang rapi ketika ingin menghubungi dosen. Mulailah pesan dengan salam, perkenalkan siapa diri Anda (karena tidak semua dosen yang menyimpan dan tahu dengan Anda), jelaskan maksud Anda dengan jelas, kemudian tutup dengan salam.

Gunakanlah bahasa formal dengan dosen, bukan berarti kaku juga. Ini untuk meminimalisir kesalahpahaman antara mahasiswa dengan dosen. Dengan berkomunikasi dengan baik, urusan Anda juga akan lebih baik.

Bila ada hal yang darurat mintalah untuk segera bertemu tanpa memaksa, jangan sampai karena pesan yang Anda kirim tidak dibalas dosen ikut baper (bawa perasaan). Atau saat bertemu, mintalah prosedur kepada dosen bersangkutan bagaimana cara menghubungi mereka. Karena setiap dosen beda gaya dan beda cerita. Kalau pesan Anda tidak balas, berprasangka baik saja bahwa dosen sedang sibuk dan besoknya temui langsung di kampus. Berikut saya berikan contoh menulis pesan kepada dosen melalui whatsapp.

Pesan ingin Bimbingan
Ingin Bertemu
Mengumpulkan Tugas

Semoga komunikasi Anda dengan dosen semakin lancar ya!, jaga hubungan baik dengan mereka.

Leave a Comment.