Komunikasi Pembangunan

WWW.SIRAJULFUADZIS.COM,- Komunikasi pembangunan dalam prakteknya juga berhubungan dengan hal-hal yang bersifat emosional, berhubungan dengan manusia secara langsung. Kajian komunikasi pembangunan, juga di dukung oleh aspek psikologi, menganalisa perubahan perilaku dan menganalisa dimensi-dimensi ethos.tiga rangkaian yang punya kesatuan dalam melihat refleksi praktek komunikasi pembangunan yang dilakukan oleh pihak pemerintah atau swasta.

Tujuan komunikasi pembangunan adalah perubahan yang terjadi di lingkungan masyarakat, untu keberhasilan tersebut diperlukan pemahaman tiga yang pemakalah paparakan. Agar berjalannya komunikasi pembangunan yang samapai langsung kepada masyarakat, dengan memahami aspek psikologi, emosional, cara berkomunikasi dengan masyarakat mengikuti zaman.

Makalah ini mengupas diskusi dan analis kasus yang berkaitan dengan proses pembuatan komunikasi, perubahan perilaku yang terjadi setelah kehadiran komunikasi pembangunan yang dilakuka oleh perseorangan maupun dalam bentuk lembaga.

Komunikasi pembangunan mengandalkan kekuatan komunikasi, sehingga pesan-pesan yang disampaikan kepada khalayak yang ditargetkan bisa efekstif sampai dan terjadi perubahan perilaku sesuai dengan strategi yang telah dibuat. Dalam mempelajari komunikasi pembangunan, maka diperlukannya mempelajari ilmu lain seperti psikologi. Psikologi memliki peran penting dalam proses komunikasi pembangunan. Beberapa aspek psikologi yang sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan proses komunikasi pembangunan, beberapa diantaranya adalah intelegensi, sikap, sasaran, minat, motivasi, dan penetapan sasaran pembangunan.

Selain psikologi, dalam proses komunikasi pembangunan kita juga perlu mencermati perilaku dari sasaran pembangunan kita yang meliputi pemerintah dan masyarakat yang memiliki andil dalam keberhasilan pembangunan itu sendiri. Kemudian agar komunikasi yang terjadi antara komunikator dengan komunikan bisa efektif maka diperlukan sebuah ethos yang memiliki tiga dimensi, yaitu kredibilitas, atraksi dan kekuasaan.

Leave a Comment.