Mahkota Seorang PNS

WWW.SIRAJULFUADZIS.COM,–  Seorang bapak asal Medan menyampaikan dengan gamblang tentang status sosial di daerahnya, bahwa seorang yang punya status PNS lebih baik dibanding seorang pengusaha yang punya lahan ribuan hekter.

SMESCO Indonesia


Menjadi PNS merupakan sebuah eksistensi sosial atau kebutuhan untuk bertahan hidup?, ini harus didudukkan dalam kehidupan bermasyarakat. PNS seakan primadona kerja di kampung mereka, ternyata tidak hanya di Medan, di daerah Sumatera Barat pun juga begitu.

Status PNS menjadi buah bibir yang sampai ke pelosok negeri, orang tua menginginkan anaknya menjadi seorang PNS sejati. Bahkan tidak hanya keluarga yang berteriak “anda harus PNS” tapi juga datang dari orang lain.

Ada apa dengan demam PNS?, kenapa para orang tua tidak menginginkan anaknya bekerja di BUMN?, pekerja kreatif? Punya gaji yang bisa bersaing dan prospek karir jelas.

Jika PNS adalah tujuan hidup anak bangsa, kenapa dari SD sistem belajar kita tidak khusus belajar soal-soal tes CPNS saja?, sejak dini orang tua sudah mengawal anaknya untuk belajar soal CPNS tiap malamnya.

Memasukkan anak ke Bimbel, yang mengajarkan CPNS dan sederetan mata pelajaran yang penting. Saya memandang sebagai masyarakat sipil, kehadiran bimbel sebagai kegagalan sekolah/sistem pendidikan dalam memberikan edukasi dalam kelas. Sistem belajar di sekolah tidak memuaskan keinginan orang tua dan siswa, sehingga hadir jasa les, bimbel dan sejenisnya.

Anak punya kehidupannya masing-masing, ingin apa pun Ia tetap menjadi pribadinya. Sedangkan fenomena saat ini masyarakat yang membentuk karir dan pribadi orang lain lewat pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada ujungnya.

Terlebih dengan ada peluang CPNS 2020, tidak asing tiap bertemu dengan orang akan ditanyakan “apakah ikut CPNS?”, sebenarnya pertanyaan yang tidak perlu dijawab.

Justru orang yang punya ambisi tinggi untuk menjadi PNS kadang tidak tercapai membuat mereka dan keluarga kecewa, sedangkan mereka yang tidak terlalu berharap diberi kesempatan menjadi PNS.

Perkembangan global telah membuka banyak cabang pekerjaan, jadi jangan khawatir tentang pekerjaan dan status sosial, banggalah menjadi diri sendiri yang Anda inginkan. Bukan yang orang lain inginkan.

Leave a Comment.