Manajeman Isu dan Permainan Public Relations

WWW.SIRAJULFUADZIS.COM.COM,– Era digital menyediakan kemudahan untuk menyebarkan segala “sesuatu” bentuk isu, yang diseberluaskan dengan berbagai kepentingan lewat media sosial. Permainan isu bisa diperankan oleh seorang Public Relations (PR) atau konsultan komunikasi mengelola isu, mereka bisa memainkan emosi publik menggunakan aplikasi Twitter.

Isu yang disampaikan di dunia maya (virtual), bisa berkembang lebih luas di dunia nyata sebuah keajaiban baru berada digenggaman. Ini adalah peran media sosial yang digunakan konsultan komunikasi,dalam hal ini kita dapat belajar menangkap permainan isu yang digambarkan dalam tayangan film Republik Twitter (2012). Anda bisa saksikan tayangannya di link berikut https://www.youtube.com/watch?v=tiA06uaCURU. Ingat film ini hanya fiktif dan rekayasa.

Twitter diluncurkan pada 15 Juli 2006 oleh Jack Dorsey bersama tiga orang lainnya. Media sosial twitter pada sekitar tahun 2011 (kurang lebih 5 tahun setelah diluncurkan), berhasil memukau publik memainkan seni kata-kata sebanyak 140 karakter. Cuitan-cuitan yang disampaikan, menggunakan seni mengungkapkan kata singkat dan padat lewat twitter, sampai kini masih digunakan oleh masyarakat dunia.

Sehingga muncul film Republik Twitter, yang menggambarkan realitas sebenarnya. Meski film adalah desain karya manusia, twitter dengan keunggulannya lewat text Tweet (tulisan ungkapan perasaan 140 karakter) dan Re-tweet (membagikan postingan). Prinsipnya semakin banyak re-tweet bisa memungkinkan postingan tersebut trending.

Dalam film tersebut mengisahkan Sumo, seorang mahasiswa akhir yang kuliah di Jogja punya hobi merangkai kata-kata, lewat cuitan yang selengekan mengekpresikan dirinya. Hingga Sumo berkenalan dengan Hanum, seorang wartawan muda yang juga bermain Twitter. Mereka menjadi teman mesra di twitter.

Seiring perjalanan waktu, mereka semakin dekat dan Sumo ingin mengunjungi Hanum ke Jakarta. Perjuangan ke Jakarta, Sumo dibantu oleh Rahardian sebagai sahabatnya. Sumo dan Hanum janjian di sebuah cafe di sudut kota Jakarta, apa yang ditampilkan di dunia maya ternyata tidak seindah dibayangkan di dunia nyata. Saat bersamaan, Sumo menyaksikan Hanum sedang bersama pria lain duduk di kursi tempat mereka jajian. Ia putuskan pertemuan dengan Hanum ditunda, Sumo hanya melihat Hanum dari kejauhan kemudian pergi. Sedangkan Hanum tidak melihat keberadaan Sumo.

Karena Sumo mengabarkan dirinya sedang berada di Jakarta lewat cuitannya, Belo seorang pengusaha buzzer menangkap kesempatan mengajak Sumo bekerja dengannya. Belo menelfon Sumo agar mau bergabung dengan usaha kecil-kecilannya, pekerjaanya mudah yaitu memainkan isu di twitter hingga trending 1. Tempat bekerja Sumo tidak seindah yang diucapkan kepada Hanum (bekerja sebagai konsultan komunikasi di sebuah perusahaan besar), melainkan mereka hanya bekerja di sebuah warnet.

Belo ternyata sudah lama bekerjasama dengan Kemal, yang mengaku sebagai PR. Bersamaan dengan masuknya Sumo, ada projek baru dari Kemal untuk menaikkan reputasi dan citra Arif Cahyadi trending topik sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. Faktanya,Arif Cahyadi selaku pengusaha sukses belum menginginkan untuk terjun ke dunia politik.

Tapi isu terlanjur digoreng oleh Kemal tanpa sepengetahuan Arif. Melihat kecakapan Kemal memainkan isu menggunakan jasa Belo dan Sumo menaikkan trending 1 di Twitter, Arif kemudian merekrut Kemal sebagai konsultan komunikasi di perusahaan miliknya.

Bagaikan gayung bersambut, Kemal tidak merasa rugi mengeluarkan modal besar untuk memanfaatkan situasi politik meraih keuntungan yang lebih besar diawal pembuatan isu. Waktu demi waktu berjalan, kini komunikasi Sumo dan Hanum berjalan dengan baik, sebab Sumo sudah menampilkan dirinya apa adanya.

Hanum pada saat itu berada di posisi dilema, pada satu sisi Ia suka dengan profesi wartawannya. Namun beritanya kerap tidak disambut dengan baik oleh pemimpin redaksi. Sehari lagi Hanum sudah harus mengundurkan diri dari kantor, Sumo tidak tega Hanum melepas karirnya sebagai wartawan. Sumo membeberkan hal yang sebenarnya terjadi terkait isu Arif Cahyadi yang semakin ramai diperbincangkan.

Secara terpaksa Sumo membongkar skandal permainan isu yang dipelopori oleh Kemal dan tim Belo mengangkat nama Arif Cahyadi trending. Sebenarnya kontrak antara Sumo dan Hanum untuk menuliskan nama-nama orang di Berita Utama LiniMasa dengan anonim.

Pempimpin redaksi tidak setuju Hanum membuat nama di Berita Utama hanya anonim, dan meminta untuk memunculkan semua nama yang terlibat dibalik layar trendingnya Arif. Lebih lengkapnya, Anda bisa menonton edisi lengkap film tersebut sambil menikmati permainan komunikasi yang di setting dengan baik kepada penonton.

Penggunaan media sosial twitter mampu membuat isu ramai diperbincangkan di dunia maya, dengan struktur orang dan buzzer yang dibuat untuk kepentingan politik. Isi pesan tetap tentang kebaikan Arif Cahyadi sebagai personal yang dibuat-buat baik lewat tweet-tweet. Kegiatan buzzer ini tidak berhenti di tahun 2012, sampai sekarang masih digunakan oleh politikus, perusahaan yang punya kepentingan memainkan isu menaikkan reputasi mereka di dunia maya.

Era posthuman (setelah humanisme) ini, semakin banyak orang mencari refrensi dan bergantung kepada informasi-informasi digital yang bertebaran di media sosial. Tahun 2020 ini, tidak twitter saja yang dijadikan sebagai alat komunikasi yang bisa memainkan isu. Media sosial facebook, instagram, pinterest, whatsapp menjadi media yang menguntungkan berbagai pihak untuk kampanye, pemasaran, kepentingan politik dan beragam tujuan lainnya.

Aktifitas demikian diperankan oleh PR di perusahaan-perusahaan dalam meraih eksistensi perusahaan di kacamata steakholder dan pemegang saham. Dilakukan PR untuk keuntungan yang besar menjaga stabilitas reputasi perusahaan.

Menurut Robert, era posthuman saat ini sedang mengalami transformasi besar, dimana orang berlomba-lomba menunjukkan eksistensi diri lewat teknologi. Robert mengatakan, Jika saya harus meringkas perasaan saya sendiri tentang konsidi posthuman. Saya akan mengatakan bahwa kita sedang mendekati sebuah kesadaran energi eksistensi- ada suatu gemuruh yang terdengar dari angin topan di angkasa.

Leave a Comment.