Peran Cyber PR

WWW.SIRAJULFUADZIS.COM,- Perusahaan/ Instansi memerlukan komunikasi untuk berjalannya sistem kerja yang baik di internal maupun external. Dukungan komunikasi yang penuh akan menentukan kualitas kerja perusahaan, dapat disaksikan oleh publik. Salah satu komunikasi external yang dibangun oleh perusahaan lewat public relations adalah pembentukan citra perusahaan, agar dinilai postif oleh publik secara umum.

Citra akan sangat bermanfaat bagi perusahaan, terutama pada keberlanjutan perusahaan meningkatkan perputaran uang, ekonomi dan stabilitas penjualan saat reputasi perusahaan berjalan dengan baik. Reputasi dijelaskan oleh The Penguin English Dictionary, Pertama keseluruhan kualitas atau karakter yang dilihat atau dinilai oleh orang lain, Kedua, ketenaran, selebriti, ketiga pengakuan oleh orang lain tentang beberapa karakteristik atau kemampuan (Griffin, 1972). Ketiga hal tersebut pandangan seseorang terkait perusahaan/instansi tersebut punya citra dan reputasi negatif, netral atau positif.

Seiring berkembangnya zaman, public relations mengalami revolusi beralih ke cyberspace. PR dalam melakukan publikasi terkait perusahaan, dengan mudah dipublish melalui teknologi cyber. Peralihan ini bukan tanpa sebab, melainkan target pasar, steakholder perusahaan sedang ramai berada pada dunia cyber, mereka semua ada di dalamnya.

Perusahan suka atau tidak suka harus ikut berpartisipasi dengan dunia cyber agar ikut dikenal, menyediakan website agar publik tahu tentang perusahaan, membuat media sosial agar informasi dari perusahaan cepat diakses oleh publik dengan cepat. Cyber ditandai dengan adanya informasi yang dapat diakses dengan koneksi internet seperti website, media sosial, media online dan hal hal lain yang bisa dinikmati.

Maka dari itu, Cyber PR saat ini sudah berjalan di berbagai perusahaan berskala internasional, nasional dan lokal untuk membangun citra agar dikenal oleh publik lewat cyber. Semua kalangan menggunakan cyber untuk akses internet dengan sangat cepat dan mudah. Media sosial adalah salah satu saluran yang digunakan oleh cyber PR melakukan interaksi dengan publik.

Media sosial umumnya dipahami sebagai media yang menumbuhkan interaksi sosial, kolaborasi, berbagi, dan partisipasi. Clay Shirky berpendapat bahwa sosial media “meningkatkan kemampuan kita untuk berbagi, bekerja sama, satu sama lain, dan untuk mengambil tindakan kolektif, semua di luar kerangka lembaga dan organisasi kelembagaan tradisional (Fuchs, Christian & Sandoval, 2014).

Kehadiran media sosial juga mengubah cara orang melihat, berpikir, memahami, mengeksperesikan sesuatu, yang kini bisa dijadikan rujukan apabila isu yang diangkat sedang tren. Peran media sosial saat ini sudang masuk pada era opini publik berlangsung, dimana warganet atau netizen bisa mengekspresikan pandangan mereka terhadap suatu isu. Begitu juga pandangan netizen terhadap sebuah perusahaan, bisa dibuat, diulas, oleh netizen dengan ramai-ramai hingga viral (popular).

Van Dijk menekankan bahwa “Kata ‘sosial’ yang terkait dengan media menyiratkan platform itu berpusat pada pengguna dan mereka memfasilitasi kegiatan komunal, seperti halnya istilah ‘partisipatif’ menekankan kolaborasi manusia. Memang, media sosial dapat dilihat sebagai fasilitator online atau penambah jaringan manusia atau orang yang mempromosikan keterhubungan sebagai nilai sosial (Fuchs, Christian & Sandoval, 2014).

Media sosial saat ini sudah digunakan oleh public relation (PR) sebagai media membentuk citra perusahaan agar dikenal oleh publik secara luas, bahkan bisa saja popular karena aksi-aksi kreatif yang mereka lakukan. Pada umumnya, perusahaan membangun beragam media sosial, mulai dari Fanspage, twitter, Instagram dan Youtube resmi milik perusahaan.

Kita melihat ada perusahaan yang serius menangani media sosialnya, ada perusahaan yang tidak serius ini bisa dilihat dari postingan, jadwal posting, serta konten yang mereka tampilkan. Sudah banyak perusahaan nasional dan transnasional di Indonesia berhasil menggunakan media sosial sebagai strategi dan taktik dalam membentuk citra, sehingga punya reputasi yang bagus.

Berikut contoh perusahaan yang terkenal karena media sosial Ruang Guru, Bukalapak, Shoppe, Tokopedia, Netflix, Mcdonals, KFC, Coca Cola, Google, IDN Times, Tiktok dan masih banyak lagi brand-brand yang mereka usung terkenal di dunia cyber, khususnya lewat media sosial.

Sebagai bagian dalam zona cyber PR, mereka sadar bahwa PR perusahaan peka terhadap isu yang bisa mereka usung meraih hati publik lewat media sosial. Perusahaan-perusahaan tersebut bahkan berlangganan iklan agar selalu tayang di beranda publik, jangkauannya tentu berdasarkan finansial dan target yang dibuat oleh perusahaan.

Keuntungan media sosial semakin dirasakan oleh banyak kalangan, selain tempat hiburan, media sosial juga salah satu sumber tempat citra perusahaan berkembang. Pada era ini, jika ada perusahaan yang tidak baik dalam meberikan pelayanan kepada publik akan sangat mungkin bisa tersingkir karena opini buruk netizen tentang sebuah perusahaan berkeliaraan memengaruhi cara pikir orang yang melihat konten yang mereka buat.

Media sosial bisa membentengi perusahaan saat terjadi krisis, sebagai informasi utama, jika tidak dikelola dengan baik tentu akan memperburuk situasi. Kembali kepada bagaimana manajemen bisa memanfaatkan media sosial sebagai senjata utama menangkap keinginan publik, tentu saja lewat konten dan iklan berbayar yang diatur sedemikian rupa.

Meskipun sudah banyak perusahaan yang berhasil menggunakan media sosial membentuk citra perusahaan, seperti ruang guru memanfaatkan situasi krisis untuk sebuah citra. Mereka memahami keadaan yang sedang berlangsung, mereka buat belajar gratis lewat aplikasi mereka bekerjasama dengan telkomsel agar anak-anak tetap belajar saat krisis. Belakangan kabarnya Ruang Guru dapat proyek besar saat bencana wabah non alam covid-19 dari pemerintah.

Ternyata konten mengusung belajar online gratis tersebut, diterima oleh banyak pihak. Sehingga konten tersebut sebagai konten berantai yang dibagikan oleh personal-personal lewat akun media sosial pribadi mereka konten berisi belajar gratis di ruang guru. Ya mereka berhasil membuat orang menginstal aplikasi ruang guru, membagikan konten kampanye mereka sehingga orang-orang memanfaatkan masa gratis tersebut untuk belajar.

Leave a Comment.