Public Relations Mencolok

Persuasi dan Pemaknaan Pesan

SIRAJULFUADZIS.COM-Daya tarik sebuah pesan akan mudah di cerna tergantung siapa dan apa konten yang ingin disampaikan. Pesan yang disampaikan mengandung unsur persuasi yang memengaruhi penerima pesan.


Hal ini menarik, sebab pesan dengan konten sangat baik pun jika tidak disampaikan oleh orang yang tepat, pesan tersebut belum tentu dapat diterima bahkan akan terjadi salah dalam pemaknaan.

Menciptakan orang yang menyampaikan atau memilih orang yang dianggap punya potensi adalah langkah awal ketika pelaksanaan persuasi.

Sehingga penerima pesan pun, bisa memaknai pesan yang disampaikan. Lewat media tertentu yang dapat di pilih oleh perancang pesan. Persuasi juga berhubungan dengan kata-kata, apakah kata per kata punya energi atau tidak.

Mengacu kepada siapa penyampai pesan, ada yang layak di lontarkan oleh kaum muda, tapi tidak layak di lontarkan oleh negarawan.

Pandangan orang akan berbeda jika konten yang sama, bila di sampaikan oleh negarawan akan menimbulkan perspektif yang berbeda. Sementara itu pemaknaan pesan bisa dirasakan secara emosional, bahkan ada yang beranggapan pesan yang sampaikan tidak penting.

Leave a Comment.