Rencana

WWW.SIRAJULFUADZIS.COM, – Rencana yang direncanakan dengan baik, cenderung punya hasil baik. Opini tersebut berdasarkan yang saya alami dalam beberapa waktu belakangan. Tetapi tidak menutup kemungkinan, rencana yang sudah dikonsep secara matang akan berhasil seratus persen.

Akan ada rencana yang gagal, suatu hal yang tidak terduga oleh kita. Padahal dengan asumsi awal, sebenarnya hal tersebut akan berjalan mulus. Biasanya, pada tahap perencanaan, saya menggunakan analisa SWOT dituliskan pada sebuah kertas. Mengukur segala bentuk kemungkinan yang akan terjadi, gagal atau berhasil.

Seiring berjalanya proses perencanaan hingga ada hasil, saya akan mengambil kembali catatan yang pernah dicatat tersebut, kemudian menilai hasil rencana dengan cara memberi tanda centang jika sukses dan tanda silang jika gagal.

Saya yakin dan percaya, keberhasilan dan kegagalan akan datang pada setiap orang. Ini tergantung masa di mana seorang akan jaya, dan masa di mana seorang akan redup seperti bola lampu yang sudah lama terang jika digunakan terus menerus, kemudian mati dengan sendirinya.

Tetap punya pendirian pada diri sendiri adalah cara saya dalam berencana, tidak selalu pandangan orang lain dan apa kata orang lain menjadi pedoman yang berharga dan menyesatkan buat kita. Tapi ada waktunya apa yang disarankan orang lain, serta bagaimana cara orang memandang rencana kita perlu disaring dan didengarkan secara baik.

Leave a Comment.