Saat Pertama Kenalan

SIRAJULFUADZIS.COM-Memulai komunikasi dengan orang baru, mempunyai tantangan tersendiri bagi saya. Mungkin juga bagi banyak orang saat pertama kenalan, pada dasarnya memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memutuskan untuk saling mengenal lebih dalam.

Persiapan- persiapan saat berkenalan sudah seharusnya kita siapkan, persiapanya tidak dilakukan dalam satu kesempatan saja. Berikut ada beberapa poin penting yang selalu saya lakukan saat berkenalan dengan orang lain.

1. Bertanya

Memulai dengan membuka pertanyaan yang bersifat umum, seperti bertanya nama, domisili dan hobi. Berawal dari pertanya-pertanyaan umum, kembali kita cari kesamaan yang ada sehingga bisa semakin akrab. Pertanyaan yang membuat anak pertanyaan yang akan membuat suasana lebih harmonis dan tertarik bertanya lebih dalam.

Lawan bicara akan merekam pertanyaan, mereka bisa langsung mengerti dari pertanyaan yang dilontarkan akan menjadikan Anda teman sementara atau jangka panjang. Berhati-hatilah saat bertanya, jangan sampai pertanyaan menjebak  Anda untuk tidak disukai oleh orang lain.

2. Privasi

Menjaga privasi orang lain dalam berkenalan juga penting, seperti menanyakan anak, istri, suami lawan bicara. Karena saat Anda berkenalan dengannya, kita tidak tahu keadaan psikologi orang tersebut.

Bisa saja mereka tidak memiliki anak, tapi pertanyaan yang dilontarkan sudah berapa jumlah anak. Membuat mereka sedih, akan membuat mereka tidak tertarik melanjutkan komunikasi.

Privasi orang harus Anda jaga untuk berjalannya proses komunikasi yang baik dan berkelanjutan, menahan anak pertanyaan yang ada dalam benak Anda. Saya paham Anda ingin mengenal lebih cepat, siapa sebenrnya orang yang sedang ajak berbicara secara detail. Demi menjaga perasaan lawan bicara, perhatikan pertanyaan terkait privasi.

3. Nyaman

Proses bertanya, menjaga privasi akan membuat lawan bicara nyaman secara emosional, serta ingin tahu lebih lanjut tentang kehidupan Anda. Apalagi mereka tertarik untuk bertemu lain waktu dengan Anda, dan itu tidak sekedar basa-basi semata.

Poin menarik yang patut Anda catat, berarti mereka merasa beruntung berkenalan. Menjaga kenyamanan lawan bicara, tidak sekedar saat awal berkenalan. Namun perlu menjaga perasaan mereka di pertemuan-pertemuan berikutnya.

Anggap saja saat pertama kali bertemu dengan orang lain, mereka adalah saudara yang baik meskipun ada sedikit perbedaan. Karena memang betul seribu kawan terlalu sedikit, dan satu lawan terlalu banyak.  

Leave a Comment.